Jumat, 09 Oktober 2009

ST 12


ST12 adalah grup musik beraliran musik Melayu. ST12 didirikan di Bandung oleh Ilham Febry alias Pepep (drum), Dedy Sudrajat alias Pepeng (gitar), Muhammad Charly van Houten alias Charly (vokal), dan Iman Rush (gitar).

Awalnya, keempat personel ini tak saling kenal, meski mereka telah lama berkecimpung di dunia musik. Mereka mulai akrab setelah sering bertemu di studio rental di Jalan Stasiun Timur 12, Bandung, milik Pepep. Mereka pun akhirnya resmi mendirikan ST12 pada tanggal 20 Januari 2005. Nama ST12 yang merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 adalah nama pemberian ayah Pepep, Helmi Aziz.

Meski keempat personel ini memiliki aliran musik favorit yang berbeda, Charly menggemari jazz, Pepep suka jazz dan rock, sementara Pepeng tumbuh bersama musik rock, namun mereka kompromi untuk membuat ST12 beraliran melayu.

ST12 terpaksa merilis album perdana mereka melalui jalur independent (indie) karena tak ada label yang mau menampung mereka. Sayang, pada bulan Oktober 2005, saat tur promosi album di Semarang, Iman Rush meninggal akibat pecah pembuluh darah di otak.

Trinity Optima Production mulai melirik ST12 setelah album perdana, JALAN TERBAIK (2005), meraih sukses. Album kedua, P.U.S.P.A (2008) yang didedikasikan untuk Iman, dirilis di bawah label Trinity....

Group musik yang dimotori oleh Pepep (drum) dan Iman Rush (guitar) dan diperkuat oleh Pepeng (guitar) dan Charly Van Houtten (vocalis) memang belum lama terbentuk, namun nama tersebut di atas bukanlah orang baru di duina musik.

Nama ST12 sendiri dipilih mereka sebagai nama grup karena sesuai dengan nama jalan dimana grup tersebut terbentuk yaitu di Studio OMS, Jl.Stasiun Timur No.12. "ST singkatan dari Stasiun Timur" tutur Pepep. Menurut Pepep, studio OMS selama ini sering dijadikan tempat mangkalnya para musisi senior maupun yunior di kota Kembang.

Seperti grup-grup musik pada umumnya, ST12 mengangkat tembang-tembang bertemakan cinta dalam album perdana mereka. Menurut mereka, lagu bertemakan cinta inilah yang kuat dan laku di pasaran. "Tema cinta merupakan tema yang sangat universal dan bisa dinikmati siapa saja. Baik tua maupun muda." tegasnya.

Sebagai lagu andalan ST12 band menjagokan tembang berjudul ATSL (Aku Tak Sanggup Lagi) dan Jalan Terbaik sebagai judul album. "Kami sempat ragu memilih lagu jagoan. Mau ATSL atau Jalan terbaik. Namun setelah rembukan dengan produser dan juga mendapat masukkan dari berbagai pihak, akhirnya kami memutuskan ATSL sebagai lagu unggulan."

Lagu ATSL sendiri memiliki karakter warna musik dan lirik yang kuat. Selain itu musiknya pun sangat easy listening sehingga sangat enak didengar dan mudah diikuti."Kami sengaja menciptakan musik yang easy listening. Sehingga orang awam atau pemusik jalanan yang hanya menggunakan gitar dalam bernyanyi, dapat memainkan lagu kami," jelas Pepep.

Konsep easy listening inilah yang akhirnya dijadikan ST12 sebagai visi dan misi mereka dalam menggarap album-albumnya."Kosep ini tidak akan dirubah.Mungkin kalau toh ada perubahan,lebih condong ke warna musiknya saja. Dimana warna musik tersebut akan kami sesuaikan dengan warna musik yang up to date pada masanya," kata Pepep. Namun, lanjutnya, "Kami tidak akan menghilangkan aspek komersial. Karena itu penting untuk penjualan."

Yang pasti, ST12 berusaha memberikan yang terbaik sesuai kemampuan. Dan ST12 berharap album perdana ini bisa diterima di masyarakat luas dan dapat ikut meramaikan blantika musik Indonesia pada umumnya.

DAftar lagu ST 12 dari album jalan terbaik :

1. ST 12-ATSL.mp3
2. ST 12-Rasa Yang Tertinggal.mp3
3. ST 12-Ruang hidup.mp3
4. ST 12-Kepedihan jiwa.mp3
5. ST 12-Cinta Abadi.mp3
6. ST 12-Aku Masih Sayang.mp3
7. ST 12-Sirna Sudah.mp3
8. ST 12-Dewiku.mp3
9. ST 12-Jiwa Yang Hilang.mp3
10. ST 12-Jalan Terbaik.mp3

Album perdana ST12 di tahun 2005 lalu mendapat sambutan yang baik. Kini mereka kembali meraup “harta karun” dari album keduanya bertajuk ‘P.U.S.P.A′.

Single andalan mereka yang bertajuk sama dengan albumnya mendapat sambutan yang luar biasa. Lagu bernuansa pop-melayu itu dikemas dengan lirik sederhana yang mudah diingat. Baru dirilis satu single saja, album ini sudah mencapai angka penjualan hingga 150 ribu kopi dan meraih double platinum. Belum lagi lagu ini diunduh oleh lebih dari 1 juta ponsel sebagai nada tunggu.

Sebagai single kedua, ‘Cari Pacar Lagi′ tak kalah catchy. Dengan melodi yang unik lagu ini bisa membuat Anda bergoyang. Jangan lupakan liriknya yang catchy juga nada penutupnya.

I am sorry.. ku tak akan love you lagi…
Biar kucukupkan saja, ku tak mau hatiku terluka…
Lebih baik kuputuskan saja.. ku tak mau batinku tersiksa…
Jangan kau selalu merasa.. Wanita bukan dirimu saja…
Lebih baik kuputuskan saja.. Cari pacar lagi…

‘Putri Iklan’ menawarkan lirik yang tak kalah seru. Berkisah tentang kekaguman seorang pria terhadap perempuan yang rambutnya seindah bintang iklan. Sementara lagu ‘Tak Dapat Apa-apa (My Hot)’ terdengar sedikit rock & roll dengan iringan perkusi.

Lagu ‘Cinta Jangan Dinanti′ dan ‘SKJ’ yang diiringi programming juga bisa jadi pilihan buat Anda yang ingin bergoyang. Mau yang mellow? ‘Saat Terakhir’ punya lirik yang cukup menyentuh hati. Begitu juga dengan ‘Cinta Tak Direstui′ yang berbalut gitar dan piano.

‘Jalan Terbaik’ bisa jadi pilihan Anda yang tergila-gila dengan lagu ‘P.U.S.P.A′. Lagu ini bisa jadi the next single ST12. Sebagai bonus dua lagu dari album sebelumnya yaitu ‘Rasa yang Tertinggal’ dan ‘Aku Masih Sayang’ jadi penutup.

Daftar track album ‘P.U.S.P.A’ ST 12:

1. ST 12-PUSPA.mp3

2. ST 12-Jangan Pernah Berubah.mp3

3. ST 12-Cari Pacar Lagi.mp3

4. ST 12-Putri Iklan.mp3

5. ST 12-SKJ.mp3

6. ST 12-Saat Terakhir.mp3

7. ST 12-Tak Dapat Apa-Apa.mp3

8. ST 12-Cinta Jangan Dinanti.mp3

9. ST 12-Cinta Tak Direstui.mp3

10. ST 12-Biarkan Jatuh Cinta

11. ST 12-Isabella (Slow Version)

ST12 sambut bulan suci Ramadhan lewat lagu baru bernuansa religi. Inspirasi untuk lagu-lagu religi ini diakui datang ketika ST12 melakukan umroh ke Tanah Suci.

1. ST 12-Kebesaranmu

2. ST12-MemujaMu

3. ST 12-Anugerah Ilahi

Tidak ada komentar: